Managing Creative Organization

Pixar adalah salah satu organisasi yang memiliki kreativitas yang mengagumkan. Film animasi yang mereka produksi mampu menampilkan loncatan kreativias yang belum tersentuh pada film animasi sebelumnya. Sampai saat ini produk animasi dari Pixar masih menjadi rujukan ketika berbicara mengenai kreativitas khususnya pada dunia animasi.

Prestasi yang didapat Pixar tidak didapat secara tiba-tiba. Butuh proses panjang dan arahan yang jelas. Talenta yang mereka miliki merupakan orang-orang pilihan dalam dunia kreatif. Namun bukan karena semata-mata diisi oleh talenta yang berdedikasi tinggi, kemampuan Ed Catmull sebagaii CEO juga menentukan.

Setidaknya ada lima hal yang dilakukan Pixar untuk mengelola kreativitas yang dimiliki perusahaan.

  1. Berdayakan kreativitas individu. Berikan kewenangan kepada orang-rang kreatif pada setiap tahapan pengembangan ide.
  2. Kembangkan budaya kolegial. Mendorong individu yang ada dalam organisasi untuk saling membantu menghasilkan hasil kerja terbaik.
  3. Free up communication. Cara paling efisien untuk memecahkan berbagai masalah yang muncul pada setiap project/pekerjaan adalah dengan percaya untuk mengatasi kesulitan tanpa harus meminta izin terlebih dahulu. Kuncinya adalah adanya kebebasan dalam berkomunikasi dengan siapapun.
  4. Membentuk lingkungan yang mendorong untuk terus belajar. Mengkondisikan karyawan untuk terus belajar dan menjadikan mereka senang untuk belajar.
  5. Budayakan aktivitas postmortem. Setelah selesai mengerjakan project/tugas, usahakan ada evaluasi untuk mengidentifikasi aktivitas yang baik dan perlu dipertahankan , diperbaiki dan yang perlu ditinggalkan.


Categories: artikel

Tags: , , , , , ,

%d bloggers like this: