Memulai Bisnis Sendiri di Usia 40an, Mungkinkah?

Going It Alone - Starting Your Own Business - CareerAlley

Umur berapa yang paling ideal untuk memulai usaha sendiri?. Menurut penelitian yang dilakukan Gallup , rata-rata para mengusaha memulai usaha sendiri di umur 41–56 tahun (GuidanceFinancial, 2021). Alasan utama mereka adalah ketika umur tersebut mulai muncul perasaan untuk menjalankan misi pribadi yang seringkali tidak sejalan dengan misi perusahaan atau sudah mulai memasuki usia pensiun.

Memulai usaha sendiri memang menimbulkan antusiasme yang besar bagi pelakunya, apalagi jika niatan itu sudah muncul lama. Namun demikian memulai usaha baru juga menyimpan tantangan dan ancaman kegagalan sendiri. Jika sebelumnya Anda terlebih dahulu mempertimbangkan minat, keunggulan, dan keterampilan pribadi Anda, maka akan dapat lebih mudah bagi Anda mengidentifikasi peluang yang baik bagi Anda.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memulai usaha sendiri:
1. Pengetahuan: Anda bisa memulai dengan mengidentifikasi pengetahuan apa yang telah anda tekuni atau perjalanan pendidikan anda selama ini. Misalnya, jika selama ini anda menekuni bidang marketing, maka pengetahuan tersebut merupakan kekuatan Anda dalam menjalankan bisnis sendiri.


2. Kemampuan: Tanyakan pada diri Anda sendiri, kemampuan apa yang paling Anda kuasai? Apakah Anda merupakan seseorang yang banyak ide? eksekutor yang baik? Komunikator yang ulung? atau yang lainnya?
Untuk mengetahui hal ini Anda bisa mengingat-ingat, kira-kira kolega/atasan kita sering meminta bantuan kita dalam hal apa? Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa membantu mengidentifikasikan kemampuan unggul yang tersimpan dalam diri Anda.


3. Koneksi: Seberapa kuat koneksi yang Anda miliki terkait dengan ide bisnis yang akan Anda mulai? Jika belum memiliki bayangan, mungkin bisa dimulai dengan memetakan kenalan dan relasi yang Anda miliki. Buka list kontak Anda baik di phone book dan juga di media sosial milik Anda. Pemetaan koneksi ini penting untuk mengakses sumberdaya yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis sendiri.


4. Akses keuangan: Untuk memulai bisnis sendiri pasti memerlukan modal awal. Perlu Anda pastikan apakah Anda memiliki akses pendanaan keuangan dari pihak ketiga, atau hanya mengandalkan tabungan pribadi? Skala bisnis sebaiknya disesuaikan dengan kekuatan pendanaan yang Anda miliki.


5. Pengenalan nama: Apa yang membuat Anda atau pasangan Anda dikenal oleh orang lain? Keahlian di bidang interior? Memahami konsep pembelajaran dengan baik? Atau ada yang lain. Informasi ini penting karena sebetulnya merefleksikan keunggulan yang Anda atau pasangan Anda miliki.


6. Pengalaman sebelumnya: Anda bisa merefleksikan pengalaman yang Anda miliki sebelumnya ketika bekerja. Pahami benar kesalahan dan titik lemahnya agar Anda tidak mengulangi lagi ketika menjalankan usaha sendiri.


7. Passion: Identifikasikan bidang apa yang membuat Anda memiliki semangat tinggi untuk terjun di dalamnya. Apakah dalam bidang pendidikan? produksi barang? Atau distribusi? Anda bisa mengetahuinya dengan melihat diri sendiri, pada bidang apa diri Anda mampu untuk memikirkannya secara terus menerus dengan antusias tanpa merasa cepat lelah.


8. Komitmen: Ukur diri Anda sendiri, sejauh mana Anda mampu dan mau meluangkan waktu dan tenaga untuk memastikan bisnis ini bisa berjalan dengan baik. Jika Anda masih belum bisa fokus untuk melakukannya maka sebaiknya ditunda dulu, karena masalah-masalah yang muncul hanya akan dapat diselesaikan dengan efektif jika Anda fokus memikirkannya, tidak terpecah dengan memikirkan urusan lain.

Demikianlah faktor-faktor yang sebaiknya menjadi perenungan Anda ketika memutuskan akan memulai bisnis sendiri. Harapannya dengan identifikasi ini Anda tidak lagi hanya memiliki modal semangat, namun juga kesiapan sumberdaya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis sendiri.

Referensi:
Aulet, B. (2013). Disciplined entrepreneurship: 24 steps to a successful startup. John Wiley & Sons.

https://www.smallbizgenius.net/by-the-numbers/entrepreneur-statistics/#gref



Categories: artikel

Tags: , , ,

2 replies

  1. Menarik, beberapa kali scroll tulisan dj wordpress, kok pas bener ya, saya saat ini sedang mempersiapkan diri untuk membuka usaha sehingga dalam 5 tahun kedepan saya bisa resign. Terimakasih untuk tulisannya dan salam kenal…

    Liked by 1 person

%d bloggers like this: