Persiapan Launching Usaha Baru

Startup and New Business Development - Carpe Diem Valuenet
sumber: cdvaluenet.com

Menjalankan bisnis sendiri memang membutuhkan persiapan yang matang. Ungkapan bahwa persiapan bisnis bisa melakukan sambil menjalankannya kurang tepat, karena akan banyak effort yang harus Anda lakukan untuk mengatasi hambatan. Padahal hambatan tersebut bisa diminimalkan jika dilakukan perencanaan yang matang. Ketika Anda telah memiliki niat untuk memulai usaha sendiri, maka hal pertama yang perlu dipastikan adalah kesiapan bekal untuk memulai usaha. Penjelasan mengenai apa saja yang perlu disiapkan sebagai bekal untuk memulai usaha baru dapat dibaca pada pada artikel sebelumnya.

Setelah Anda yakin, bekal yang anda miliki cukup untuk memulai usaha sendiri maka langkah selanjutnya adalah melakukan persiapan untuk mendirikan usaha. Ada enam langkah yang sebaiknya Anda persiapkan agar nantinya dapat menjalankan usaha dengan baik.

  1. Mengumpulkan informasi mengenai industri. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai industri yang akan dimasuki. Informasi yang perlu kita dapatkan meliputi, supplier bahan baku/sumber daya, calon pembeli produk Anda, produk substitusi, dan juga kompetitor. Dengan informasi yang didapatkan maka Anda akan memahami situasi yang ada, terutama seberapa besar kekuatan bisnis Anda di dalam industri
  2. Memperkirakan potensi keuntungan. Setelah mengetahui kekuatan bisnis Anda, maka langkah selanjutnya adalah menghitung potensi keuntungan yang akan didapat. Cara menghitung potensi keuntungan dilakukan dengan menghitung harga pokok produksi, harga jual, dan potensi pendapatan yang akan diterima.
  3. Mempersiapkan produksi. Agar produk barang atau jasa yang akan dijual mampu memenuhi ekspektasi dari pelanggan, maka perlu dipastikan Anda memahami dengan benar bagaimana proses produksinya. Pemahaman mengenai proses produksi yang perlu dikuasai mulai dari pengadaan bahan baku, proses mengubah bahan baku menjadi produk, proses distribusi, pemasaran, dan handling komplain pelanggan
  4. Mempersiapkan administrasi dan dokumen perizinan. Persiapan format administrasi penting untuk dilakukan karena begitu usaha telah memulai beroperasi maka Anda tidak lagi direpotkan mengenai perizinan, pencatatan transaksi dan operasi bisnis. Dokumen perizinan yang perlu disiapka di awal adalah NIB (Nomor Induk Berusaha) dan IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil). Dengan adanya dokumen tersebut maka usaha anda telah dilindungi oleh negara. Sedangkan format administrasi yang perlu disiapkan diantaranya adalah pencatatan pendapatan dan akuntansi. Jika Anda bergerak dalam bidang produksi, perlu juga disiapkan format pencatatan persediaan barang dan bahan baku.
  5. Merancang operasi bisnis. Pada tahap ini, bisnis telah siap untuk dijalankan. Oleh karena itu perlu disusun rencana operasi bisnis yang meliputi lokasi penjualan produk (offline/online), tempat pembelian bahan baku/supplier, lokasi produksi dan distribusi produk, dan teknis pemasaran produk yang dihasilkan.

Demikian beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan launching usaha baru. Semoga dengan menjalani kelima langkah tersebut, rencana untuk memulai bisnis baru bisa berjalan dengan lancar.



Categories: artikel

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: